Materi Komponen Pemasaran dan Perancangan Pemasaran Produk Usaha dengan Sistem Konsinyasi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Date:

Share post:

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran ini diharapkan dapat memahami komponen pemasaran dan merancang komersialisasi produk industri pangan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani dengan sistem pelayaran.

B. Deskripsi bahan

Komponen pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran produk yang bernilai dengan pihak lain.

Transaksi adalah pertukaran nilai antara dua pihak atau lebih.Sebuah transaksi melibatkan aspek yang berbeda dari setidaknya dua objek nilai, syarat-syarat yang disepakati ketika disepakati dan di mana disepakati. Agar pertukaran berhasil, pemasar menganalisis apa yang diharapkan diperoleh dan diberikan oleh masing-masing pihak dari suatu transaksi, pertukaran sederhana dapat dipetakan dengan menggambarkan dua pemain dan keinginan serta penawaran yang mengelilingi mereka. atau keputusan untuk tidak melakukan transaksi.

Pemasar adalah seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran nilai. Calon pembeli adalah seseorang yang diidentifikasi oleh pemasar sebagai seseorang yang mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam perdagangan.

Sebelum lebih jauh membahas tentang pemasaran produk pangan modifikasi tumbuhan dan hewan dengan sistem pelayaran. Mari kita coba pahami terlebih dahulu komponen-komponen pemasaran berupa unsur-unsur pemasaran yang tergabung dalam bauran pemasaran. Yang kami lakukan adalah menentukan strategi pemasaran terlebih dahulu, strategi ini biasa dikenal dengan marketing element atau bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah strategi yang menggabungkan kegiatan pemasaran secara bersamaan untuk meningkatkan penjualan produk.

Perhatikan bagan bauran pemasaran di bawah ini!

Gambar 2. Bauran pemasaran

(Sumber: https://www.freepng.fr/png-066oz9/)

1. Produk

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk menarik perhatian, kemudian dibeli, kemudian digunakan atau dikonsumsi, dimana produk tersebut dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.

2. Harga

Harga adalah nilai uang yang ditukar oleh konsumen untuk memiliki atau menggunakan produk dan memperoleh manfaat dari produk tersebut.

3. Tempat

Tempat usaha adalah tempat kita akan melakukan proses jual beli. Bagi perusahaan tradisional aspek ini sangat penting. Anda harus memperhatikan bahwa lokasinya cukup strategis dan mudah dikunjungi konsumen.

4. Promosi

Promosi adalah komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pasar referensi tentang keberadaan suatu produk dengan cara membujuk, mempengaruhi dan meyakinkan pembeli referensi.

Contoh 4 P profesi berbasis kebutuhan dan keinginan disajikan pada tabel di bawah ini:

Tabel 1. Bauran pemasaran karton

  1. Produk : Produk tempat pensil memiliki berbagai macam bentuk yang unik dan menarik. Keberadaan produk tempat pensil disesuaikan dengan segmentasi masyarakat luas bahkan hanya dinikmati oleh anak-anak dan remaja. Berbagai bentuk tempat pensil, seperti buah, binatang, dll.
  2. Harga : Harga produk yang terjangkau dan kualitas terbaik menjadikan tempat pensil favorit di kalangan anak sekolah. Terkadang Anda juga dapat menemukan kasing dengan diskon yang sangat menguntungkan bagi konsumen. Hal ini jelas menarik daya beli konsumen terhadap produknya yang dipasarkan dengan harga Rp 0,50.000.
  3. Tempat : Posisi atau tempat yang dimasuki menentukan keberhasilan pasar acuan bagi produk kita. Tempat pensil sering dipasarkan di supermarket, toko dan koperasi sekolah
  4. Promosi : Promosi produk tempat pensil menggunakan berbagai media, baik menggunakan media, sponsoring maupun souvenir dalam berbagai event yang diadakan di sekolah atau kampus.

Desain pemasaran dengan sistem pengiriman

Sebelum memulai pemilik bisnis konsinyasi, ada baiknya Anda merancang pemasaran Anda agar pemilik bisnis yang ingin Anda dirikan sukses. Berikut beberapa blueprint yang bisa dijadikan acuan bagi pengusaha konsinyasi, antara lain:

  1. Menerapkan mekanisme promosi dan kerjasama yang menarik.
  2. Lakukan riset untuk memilih dealer yang tepat.
  3. Meningkatkan jumlah reseller yang akan diajak kerjasama,
  4. Manfaatkan waktu yang tepat untuk menjual produk, 5. Pastikan produk yang dijual memenuhi selera pasar sasaran.
  5. Pikirkan baik-baik dan raih peluang yang ada.
  6. Lakukan pemetaan area divisi dan distribusi bisnis pelayaran Anda.
  7. Memantau.
  8. Pastikan dealer kredibel.
  9. Cobalah untuk menjual produk yang berbeda dan unik.
  10. Proyek keuangan.
  11. Memiliki rencana bisnis (business plan).

Jika Anda telah merencanakan pemasaran konsinyasi, maka Anda perlu memahami alur sistem deposit, yang disajikan di bawah ini:

Aliran pengiriman

Sistem pengiriman bukan satu-satunya cara untuk memasarkan atau menjual produk, sehingga dapat dibedakan sistem pemasaran yang berbeda, harap perhatikan tabel berikut:

Tabel 2. Tabel sistem pemasaran Reseller dan Dropshipper

Pemahaman :

Pedagang Perorangan yang membeli produk dari distributor/supplier dengan harga di bawah pasar untuk dijual kembali dengan harapan mendapatkan keuntungan dari penjualan produk tersebut.

dropshippers Teknik pemasaran dimana penjual tidak memiliki/memegang stok barang dan jika penjual menerima pesanan maka penjual akan melanjutkan pesanan kepada distributor/supplier. Kemudian pihak supplier akan mengirimkan barang tersebut dengan menggunakan nama seller. Dengan cara ini penjual seolah-olah memiliki toko pribadi dengan stok barang yang lengkap

Kelemahan Pedagang

  • Itu harus memiliki modal yang cukup untuk memiliki stok barang.
  • Memiliki resiko jika produk tidak laku/tidak terjual
  • Masih kesal dengan proses pengepakan dan pengiriman
  • Menanggung kerugian jika ada barang yang tidak terjual atau persediaan yang sudah kadaluarsa.
  • Anda tidak bisa mengetahui secara langsung stok produk mana yang ready. Oleh karena itu, carilah pemasok yang dapat menyediakan tabel stok secara online dan tetap up to date.
  • Tidak memiliki kendali penuh atas stok.

Kelemahan dropshippers

  • Tidak mungkin untuk mengatakan dari jenis bahan apa produk itu dibuat, dalam kondisi apa, apakah cacat atau tidak. Tidak jarang juga calon pembeli yang ingin produk pertamanya difoto secara langsung. Karena mereka sadar bahwa foto yang dipamerkan adalah foto yang telah diedit untuk kualitas fotografi.
  • Jika supplier melakukan kesalahan maka reputasi dropshiper akan hancur. Kesalahan supplier yang sering terjadi adalah salah ukuran, salah jenis barang, salah alamat dan kesalahan lainnya. Jika kesalahan ini terjadi, pemasok akan menanggung kerugian.
  • Anda harus siap menerima komplain/komentar pelanggan karena barang yang mereka pesan tidak sesuai dengan gambar.
  • Diskon yang Anda dapatkan biasanya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan retailer yang menyetok produknya sendiri.

Keuntungan Pedagang

  • Bebas menentukan harga jual sendiri.
  • Menawarkan barang secara langsung sangatlah mudah karena Anda bisa memamerkan produknya. Karena tidak jarang banyak konsumen yang bertanya tentang bahan pembuat produk dan kualitas produk tersebut.
  • Bebas menjual langsung atau melalui website toko online.
  • Mampu mengelola gudang dan mengecek ketersediaan barang yang dijual.
  • Pahami produk dengan baik, karena memiliki fisik produk.
  • Minimal kesalahan dan resiko kerugian bisa ditangani sendiri.
  • Dengan menjadi reseller, Anda bisa belajar bagaimana mengatur keuangan dengan baik dan itu sangat diperlukan bagi para pebisnis online jika ingin berkembang pesat dengan syarat harus rajin dan gigih dalam menjalankan bisnisnya.

Kelemahan dropshippers

  • Modal minim untuk memulai usaha karena tidak membutuhkan stok barang.
  • Anda tidak perlu memikirkan pembuatan produk dan kontrol kualitas. Jadi Anda hanya fokus pada pemasaran.
  • Anda tidak perlu khawatir tentang pengepakan dan pengiriman. Ia hanya bertugas mencari pelanggan dan menghubungi pemasok, sehingga pekerjaannya lebih mudah.
  • Tidak perlu takut rugi jika ada barang yang tidak laku.
  • Anda dapat mengganti pemasok atau lebih dari 1 pemasok jika Anda merasa pemasok tersebut tidak cocok.

Sumber https://digitalentrepreneur.id/perbedaan-dropship-denganreseller/?bot_test=1

Kemudian, setelah melihat tabel sistem pemasaran/penjualan lainnya, Anda dapat memilih sistem pemasaran yang mudah dipahami.

C.Ringkasan

  1. Bauran pemasaran meliputi harga, lokasi, promosi, produk.
  2. Pemasar adalah seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran nilai.
  3. Prospek adalah seseorang yang diidentifikasi oleh pemasar sebagai orang yang berkeinginan dan mampu terlibat dalam perdagangan.

D. Penugasan Mandiri

Sekarang coba lihat sekeliling Anda, kemudian tentukan jenis produk yang akan Anda pasarkan dengan terlebih dahulu melakukan bauran pemasaran, lalu hitung pengiriman produk dengan menggunakan format tabel bauran pemasaran di bawah ini.

tabel bauran pemasaran

Nama Produk :__________________

Bahan baku :__________________

E. Pertanyaan tentang latihan

Silahkan isi pertanyaan di bawah ini berdasarkan pendapat dan referensi yang Anda ketahui!

  1. Kerajinan dan kerajinan berbasis kebutuhan adalah produk yang diperlukan untuk sebagian musim, misalnya ketika siswa mulai di sekolah baru, mereka membutuhkan kotak pensil, bagaimana Anda mempromosikan kotak pensil menggunakan sistem pengiriman, beri tahu saya pendapat Anda!
  2. Produk kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keahlian dapat ditemukan di setiap daerah dan tempat penjualan, bagaimana Anda bersaing harga dengan produsen lain tetapi tidak merugikan penerima, beri tahu pendapat Anda!
  3. Penjual kerajinan memiliki tantangan pemasaran tersendiri, namun bisa dipasarkan atau dijual dengan sistem konsinyasi, jadi konsinyasi adalah cara pemasaran yang tepat?! Jelaskan menurut Anda!
  4. Apa yang dimaksud dengan strategi penetapan harga dalam bauran pemasaran? Menjelaskan!
  5. Jika anda seorang pengusaha pengrajin gantungan kunci dan anda memasarkan produk secara konsinyasi, strategi promosi seperti apa yang akan anda lakukan?

F. Penilaian Diri Sendiri

Beri tanda centang (√) pada kolom di bawah ini!

spot_img

Related articles

Toko Chip Domino Island 24 Jam Termurah dan Gratis 2023

Toko Keripik Domino – Ingin membeli chip Higgs Domino tapi tidak tahu dimana? Jika demikian, Anda...

Arti Mimpi Memancing Ikan Menurut Islam dan Primbon

Berikut ini adalah arti mimpi memancing ikan menurut islam dan primbon yang mungkin selama ini anda cari....

Cek Hasil Seleksi Administrasi PPPK Tenaga Teknis 2022 12 Januari 2023

Ayovaksindikeskdi.id – Hasil Penapisan Administrasi PPPK akan diumumkan hari ini, Kamis (12/1/2023). Cari tahu cara cek...

Niat Puasa Qadha Ramadhan Bulan Rajab Arab Latin

niat puasa qadha ramadhan di bulan rajab - Puasa ramadhan merupakan salah satu rukun islam yang wajib...